Website Resmi

Menjelang Puasa, Satgas TMMD Terus Mengerjakan Sasaran Fisik (Gorong-gorong)

 

SIJUNJUNG_Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-119 Kodim 0310/SS Tahun 2024 bergotong royong melakukan pembangunan Gorong-gorong di titik ke-3 di lokasi TMMD, kegiatan tersebut yang dilaksanakan tepatnya di Nagori Tanjung Bonai Aur Selatan Kec. Sumpur Kudus Kab. Sijunjung. Senin (11/03/2024).

 

Dalam hal ini Satgas TMMD Ke-119 melaksanakan pekerjaan sasaran fisik pembuatan gorong-gorong di titik ke-3, dengan capaian persentase sudah mencapai 90 %. Pada TMMD kali ini tidak hanya membangun fisik jalan saja, manakala jalan tersebut membutuhkan gorong – gorong maka harus dibangun guna kelancaran aliran air yang dibutuhkan para petani guna pengairan di lahan pertanian.

 

Pada kesempatan tersebut, Pasiter Kodim 0310/SS Kapten Czi Harianto mengungkapkan, pada pembangunan fisik sasaran TMMD di Kab. Sijunjung tepat nya di Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan ini bukan hanya pembangunan jalan baru saja namun ada pekerjaan lainnya yang tidak kalah penting, di antaranya pembuatan gorong-gorong guna pengairan lahan para petani.

 

Mayoritas di Nagari TBA Selatan ini sebagian umum lahan ditanami Karet dan Padi, sehingga para petani butuh air, oleh karena itu pembangunan gorong-gorong saluran air sangat dibutuhkan. Gorong-gorong adalah bangunan yang dipakai untuk membawa aliran air baik untuk saluran irigasi atau pembuang yang melewati bawah badan jalan. Dengan adanya gorong-gorong ini air bisa dikendalikan arahnya.

Salah satu penyebab cepatnya jalan rusak adalah karena saluran air yang tidak terkendali sehingga membuat erosi jalan tersebut.

 

“Tujuan pemasangannya adalah untuk kelancaran drainase air sehingga membawa aliran air baik untuk saluran irigasi atau pembuangan, supaya saat musim hujan air tidak melintas ke jalan sehingga masa pakai jalan bisa tahan lama, juga berfungsi untuk pengairan sawah warga,” pungkas Kapten Czi Harianto.

(Pendim0310/SS)

Ruangan komen telah ditutup.