Website Resmi

Babinsa Nagari Durian Koramil 02/Sjj Mengahadiri Undangan Bakaul Adat Nagari Durian Tanam 2024

Serka Gusrianto Babinsa Nagari Durian Koramil 02/Sjj Mengahadiri undangan Bakaul Adat Nagari Durian Tanam 2024.Kec Sijunjung kab Sijunjung. Senin (29/04/2024).

Turut Hadir dalam acara Bupati Sijunjung Bpk Benny Dwifa Yuswir S. STP, M rombongan, Camat Sijunjung Anggata, Wali Nagari perangkat, Ketua BPN, Ketua LPM, Tokoh masyarakat

Dalam sambutannya, Bupati Benny Dwifa Yuswir S. STP, M Sijunjung  beraharap kepada para ninik mamak dan tokoh masyarakat agar bersama-sama untuk menjaga budaya Bakaul adat.

“Mari kita bersama sama menjaga serta melestarikan budaya yang ada, terutama bakaul adat, khusus bagi generasi muda untuk ikut serta dalam mengembangkannya,” ungkapnya.

Dikatakan Bupati, acara tersebut juga sebagai media informasi atau sarana penyampaian pesan dari ninik mamak tokoh masyarakat dan pemerintahan nagari.

“Bakaul adat ini adalah acara sakral, bumi sanang padi manjadi, dalam nagari sauku sakato, terhindar dari bencana alam yang menimpa nagari, masyarakat senang sehat sentosa, berkumpul bersama disini dengan berdo’a agar semua itu terwujud,” jelasnya.

Sementara, Babinsa 02/Sjj Serka Gusrianto mengaku senang dan berterimakasih telah turut diundang dalam acara itu. Sehingga dapat menyaksikan langsung tradisi berkaul yang digelar turun temurun oleh masyarakat Tanjung Gadang, sebagai wujud syukur atas berkat dan rahmat Allah SWT.

“Kita sangat mengapresiasi tradisi adat yang terus terpelihara di tengah masyarakat Nagari Sijunjung. Hal ini tentunya dapat menjadi sarana untuk mempererat rasa kebersamaan dan persaudaraan antar warga di Nagari. Kami mendo’akan, semoga berkah dan rahmat Allah terus tercurah untuk Nagari Sijunjung khususnya, dan Kabupaten Sijunjung umumnya,” tandas babinsa.

Dikatakan Babinsa, berkaul adat itu salah satu tradisi di Nagari Tanjung Gadang dari nenek moyang dahulu yang berkelanjutan sampai saat sekarang. (Pendim0310/SS).

Ruangan komen telah ditutup.