Website Resmi

Babinsa Koramil 10/KB Menghadiri Sosialisasi Mitigasi Bencana dan Penanggulangan Bencana Alam

Dharmasraya – Sertu Ali Unan Anggota Koramil 10/Koto Baru Babinsa Nagari Koto Besar menghadiri Acara Sosialisasi Mitigasi Bencana dan penanggulangan bencana alam Di Aula Nagari Koto Besar Kecamatan Koto Besar Kab. Dharmasraya. Kamis (23/11/2023).

Dalam kesempatan itu, Babinsa Sertu Ali Unan menyampaikan bahwa Mitigasi bencana sebagai upaya pencegahan dan penanganan apabila terjadi bencana alam yang setiap saat bisa datang secara tiba-tiba, sehingga perlu kesiapsiagaan semua pihak terutama para relawan dalam menghadapinya.

Mitigasi adalah langkah yang juga dilakukan sebelum bencana terjadi. Contoh kegiatannya antara lain membuat peta wilayah rawan bencana, pembuatan bangunan tahan gempa, penanaman pohon bakau, penghijauan hutan, serta memberikan penyuluhan dan meningkatkan kesadaran masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana.

Dari BPBD memaparkan tentang materi bencana, dimana bencana berdasarkan sumbernya dibagi menjadi tiga. Yaitu, Bencana alam, yang merupakan bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa oleh alam. Bencana non alam, yang merupakan bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa non alam, dan Bencana sosial, yang merupakan bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa oleh manusia.

Acara Sosialisasi Mitigasi Bencana dan penanggulangan bencana alam yang di hadir oleh : Wali Nagari koto besar, BPBD, Babinsa, Ketua Bamus berserta Anggotanya, Pendamping Desa, Perangkat nagari, Kepala jorong se Nagari koto besar, Toko masyarakat, Masyarakat Koto Besar. (Pendim0310/SSD)

Ruangan komen telah ditutup.