Website Resmi

Babinsa Koramil 01/Swl Menghadiri Pelantikan & Pengambilan Sumpah Anggota BPD Periode 2018 – 2026, Desa Balai Batu Sandaran Kec. Barangin

SAWAHLUNTO _ Danramil 01/Swl Mayor Caj (k) Tuti Andayani di wakili Serma Dede Supriatna menghadiri undangan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Anggota BPD Balai Batu Sandaran Periode 2018 – 2026, Bertempat di Aula Desa Balai Batu Sandaran Kec. Barangin Kota Sawahlunto. Jum’at (07/06/2024).

Fungsi BPD adalah membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama Kepala desa, Menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

 

Hebatnya BPD juga sekaligus memiliki kekuatan untuk mengawasi proses pembangunan desa yang dapat di tindak lanjuti, Apabila kepala desa tidak mengindahkan petunjuk BPD dapat melaporkan ke tingkat kecamatan.

Dalam sambutan nya Walikota diwakili Camat Barangin menyampaikan, Selamat bagi anggota BPD yang baru dilantik, diharapkan BPD dan Kepala Desa harus bersinergi, kerjasama yang baik agar apa yang menjadi tujuan agenda desa bisa terlaksana, karena BPD memiliki tugas/fungsi untuk membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat dan mengawasi kinerja Kepala Desa.

 

BPD juga memiliki kekuatan untuk menyampaikan aspirasi warga. Penyampaian aspirasi dilakukan melalui beberapa tahap kerja, yakni BPD harus melakukan penggalian aspirasi masyarakat, menampung aspirasi masyarakat yang disampaiakn kepada BPD dan mengelola aspirasi masyarakat sebagai sumber energi positif dalam merumuskan langkah kebijakan desa, harapannya kepada anggota BPD yang baru dapat menjalankan amanah dengan baik sebagai perpanjangan dari warga. “ungkapnya”.

 

Ucapan selamat juga disampaikan oleh Danramil 01/Swl yang di wakili Serma Dede dengan dilaksanakannya pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan anggota BPD ini diharapkan, BPD adalah mitra pada Pemerintahan Desa yang selalu mendukung program pembangunan Desa yang intinya BPD adalah suatu kelembagaan yang berstruktur di luar perangkat Desa yang membantu dalam program pembangunan Desa, kami sebagai Muspika Kecamatan Baragin berharap kepada anggota BPD yang terpilih selalu bisa menjaga keharmonisan dengan Pemerintahan Desa demi mewujudkan pembangunan Desa Balai Batu Sandaean untuk lebih maju,” tegasnya. (Pendim0310/SSD).

Ruangan komen telah ditutup.